-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Tag Terpopuler

Fitrah Beragama bagi setiap manusia di dunia

Senin, 17 Juli 2017 | Senin, Juli 17, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-01T09:17:12Z

Pengertian fitrah adalah suatu kecenderungan yang di titipakn oleh Allah sebelum lahir yang menjadi bawaan alamiah manusia. Dan dari sisi agama kata fitrah berarti keyakinan untuk beragama, yakni bahwa manusia sejak lahirnya telah memiliki fitrah untuk beragama tauhid, yaitu agama yang mengesakan Tuhan.

Sebelum kita mengenal berbagai macama ajaran ajaran agama yang ada di dunia ini, terlebih dahulu kami suguhkan kondisi Fitrah manusia atau sifat dasar manusia yang di berikan Tuhan sejak lahir untuk menyembah kepada Tuhan yang maha Esa.

Tiap tiap manusia yang lahir ke muka bumi, membawa suatu tabiat atau kecenderungan dalam jiwanya, yaitu tabiat ingin beragama. Yaitu ingin mengabdi dan menyembah hanya kepada sesuatu yang dianggapnya Maha kuasa dan Maha Pencipta.



Pembawaan ingin beragama ini memang telah menjadi fitrah kejadian manusia, yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa yang ada dalam diri setiap manusia yang ada di dunia ini.

Selain daripada insting dan pembawaan jiwa, ada lagi hal hal yang mendorong manusia untuk beragama, yaitu suasana kehidupan atau lingkungan dimuka bumi ini.

Sebenarnya manusia hidup dimuka bumi ini dikelilingi oleh berbagai macam kesukaran dan mara bahaya, kesulitan dan kesukaran yang tiada diinginkan oleh setiap manusia, seperti : berbagai macam penyakit, kemiskinan, musibah, bencana alam, bahaya yang langsung mengenai diri seperti bertambahnya umur manusia menjadi tua kemudian mati, yang tak dapat dihindari oleh siapapun bila datang menimpa dirinya, ataupun bencana alam yang dahsyat, menimpa harta benda, ketentraman dan jiwa manusia seperti gempa bumi, banjir bandang,Angin Ribut atau Angin Topan besar baik dilaut ataupun didarat, bahaya api berupa kebakaran dan lain sebagainya.

Hal hal yang dahsyat dan berat berat tersebut, mampu menyadarkan manusia akan kelemahan dirinya untuk merenung dan bertafakur,yang berhadapan dengan Kekuasaan Allah yang Maha Hebat. Kesadan itu menimbulkan keyakinan dalam diri manusia, bahwa dibalik dari semua yang ada di dunia ini, diatas dari semua yang kuat dan berkuasa dibumi, ada lagi yang sungguh sungguh Maha Berkuasa, yaitu yang menjadikan dan menguasai semua yang ada ini, yang menguasa seluruh manusia dan seluruh alam.

itulah Fitrah Beragama bagi setiap manusia di dunia semoga bermanfaat.

×
Berita Terbaru Update