-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Tag Terpopuler

Keturunan Nabi Yakub disebut apa ? berikut penjelasannya

Selasa, 10 Januari 2023 | Selasa, Januari 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-21T08:41:30Z

Keturunan Nabi Yakub disebut apa ? berikut penjelasan selengkapnya - Nabi Yakub as adalah Nabi yang dikenal sebagai "Nabi Israel". Ia merupakan cucu dari Nabi Ibrahim as dan merupakan ayah dari 12 anak laki-laki yang kemudian menjadi 12 suku dari kaum Israil atau lebih dikenal dengan Bani Israil.



Nabi Yakub dikenal juga dengan nama Israil, dan kaum Israil merupakan keturunannya yang kemudian menjadi bangsa yang terkenal dalam sejarah.

Nabi Yakub merupakan anak dari Nabi Ishaq, anak dari Nabi Abraham as. Nabi Ishaq merupakan anak yang diberikan kepadanya oleh Allah swt setelah Nabi Ibrahim lulus ujian untuk mengorbankan anaknya yang pertama yaitu Nabi Ismail sebagai tanda ketaatannya kepada Allah swt.



Kata Israil atau Israel merupakan kata dari Bahasa Ibrani yang berarti, Isra yang artinya Hamba dan El atau Il yang berarti Tuhan. Jadi kata Israil berarti Hamba Tuhan atau Kekasih Tuhan.

Anak-anak Nabi Yakub kemudian menjadi pemimpin-pemimpin dari 12 suku yang terdiri dari kaum Israel. Masing-masing suku memiliki tugas dan tanggung jawabnya sendiri, serta memiliki kekuatan militer dan kekuasaan yang terpisah. sebagaimana firman Allah swt

"Dan mereka Kami bagi menjadi dua belas suku yang masing-masingnya berjumlah besar dan Kami wahyukan kepada Musa ketika kaumnya meminta air kepadanya: "Pukullah batu itu dengan tongkatmu!". Maka memancarlah dari padanya duabelas mata air. Sesungguhnya tiap-tiap suku mengetahui tempat minum masing-masing. Dan Kami naungkan awan di atas mereka dan Kami turunkan kepada mereka manna dan salwa. (Kami berfirman): "Makanlah yang baik-baik dari apa yang telah Kami rezekikan kepadamu". Mereka tidak menganiaya Kami, tapi merekalah yang selalu menganiaya dirinya sendiri." (QS Al A'raaf : 160)

Selain menjadi ayah dari 12 suku, Nabi Yakub juga merupakan ayah dari nabi-nabi besar seperti Nabi Yusuf. Nabi Yusuf terkenal karena kemampuannya dalam memprediksi musim kemarau dan kelaparan saat diangkat sebagai wali di kerajaan Firaun Mesir.

Selain itu, Nabi Yakub juga merupakan ayah dari Lewi, salah satu suku yang memiliki peran penting dalam agama Israel. Lewi merupakan suku yang menyediakan imam-imam bagi Bangsa Israel, serta memiliki tanggung jawab untuk menjaga kitab Taurat (kitab suci agama Yahudi).

Baca Juga :

Nabi Yakub merupakan salah satu nabi yang sangat dicintai oleh Allah, dan ia merupakan salah satu nabi yang diberkati dengan banyak anugerah

Apakah Nabi Musa termasuk keturunan Nabi Yakub ?

"> Nabi Yakub diperkirakan hidup pada tahun 1837 SM dan wafat pada 1690 SM pada usia 147 Tahun dan dikuburkan di Alkhalil Hebron Palestina. sedangkan Nabi Musa merupakan Nabi Bani Israel yang diperkirakan hidup pada tahun 1436 SM sampai wafat pada Tahun 1316 SM.

Nabi Musa merupakan keturunan Nabi Yakub dengan silsilah sebagai berikut Musa bin Imran bin Fahis bin Azir bin Lewi bin Yakub. Jadi Nabi Musa merupakan keturunan Nabi Yakub pada generasi ke 4 keturunan Nabi Yakub

Siapa saja keturunan Nabi Yakub ?

Nabi Yakub berpoligami dengan memiliki 4 orang Istri, nama-nama istrinya tersebut adalah 
Lea, Rahel (Adik Lea), Bilha (Budak Rahel) dan Zilfa (Budak Lea). Dan dari ke 4 Istrinya ini, Nabi Yakub as memiliki 12 anak, yang kemudian masing-masing suku tersebut menjadi 12 suku dari kaum Israil. Anak-anaknya tersebut bernama :

1. Ruben anak dari Lea

2. Simeon anak dari Lea

3. Lewi anak dari Lea

4. Yehuda anak dari Lea

5. Isakhar anak dari Lea

6. Zebulon anak dari Lea 

7. Dan anak dari Bilha

8. Gad atau Jad anak dari Zilfa

9. Asher atau Ashir anak dari Zilfa

10. Naphtali anak dari Bilha

11. Yusuf anak dari Rahel

12. Benyamin anak dari Rahel

Ketika Bani Israil di bawah pimpinan Nabi Musa, Allah swt menurunkan Kitab Taurat yang berisi perintah dan larangan bagi Bani Israel. Perintah dan Larangan tersebut yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan Hukum Taurat yang hanya khusus Allah turunkan bagi Bani Israel dan tidak berlaku hukum tersebut untuk bangsa lain selain Bangsa Israel.



Mereka pun melaksanakan hukum-hukum tersebut walaupun dengan malas malasan dan berusaha untuk selalu menghindar. Aturan-aturan agama yang berisi perintah dan larangan tersebut yang kemudian mereka namai sendiri dengan nama Agama Yahudi yang merujuk pada salah satu keturunan Nabi Yakub yang bernama Yehuda.

 Jadi Agama Yahudi merupakan nama Agama yang mereka namai sendiri karena pada saat itu, aturan agama yang Allah turunkan pada mereka belum memiliki nama. Selain sebagai nama Agama, Yahudi merupakan sekaligus nama sebuah bangsa yang merujuk pada semua keturunan dari 12 suku bangsa di atas atau disebut juga dengan Bani Israel.

Itulah penjelasan tentang Keturunan Nabi Yakub disebut Bani Israel atau Israil, semoga apa yang di sampaikan di atas dapat bermanfaat.

×
Berita Terbaru Update