-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Tag Terpopuler

Kelahiran Isa Al-Masih menurut Islam

Senin, 13 Maret 2023 | Senin, Maret 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-16T08:36:59Z

Kelahiran Isa Al-Masih menurut Islam dianggap sebagai salah satu mukjizat dari Allah SWT. Konon, kelahiran Isa Al-Masih menurut Islam terjadi melalui proses yang sangat istimewa, yaitu melalui pengucapan kalimat-kalimat Allah SWT yang dihembuskan oleh Malaikat Jibril kepada Maryam, ibu dari Nabi Isa Alaihisalam.



Dalam Al-Qur'an, kelahiran Isa Al-Masih menurut Islam disebutkan dalam Surah Maryam. Dalam surah ini, Allah SWT menyebutkan bagaimana Malaikat Jibril datang kepada Maryam dan memberitahukan bahwa dia akan melahirkan seorang anak laki-laki.

QS Maryam: 17  

فَاتَّخَذَتْ مِن دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا

"maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna."

QS Maryam: 18

قَالَتْ إِنِّي أَعُوذُ بِالرَّحْمَٰنِ مِنكَ إِن كُنتَ تَقِيًّا

"Maryam berkata: "Sesungguhnya aku berlindung dari padamu kepada Tuhan Yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa".

QS Maryam:19

قَالَ إِنَّمَا أَنَا رَسُولُ رَبِّكِ لِأَهَبَ لَكِ غُلَامًا زَكِيًّا

Ia (jibril) berkata: "Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci".

Al Quran membersihkan nama Isa Alaihisalam dari tuduhan Yahudi bahwa beliau Anak Zina, Allah membersihkan namanya bahwa Nabi Isa Anak Laki-Laki yang Suci bukan karena Zina.

Maryam, yang saat itu masih perawan, merasa bingung dan takut. Namun, Malaikat Jibril memberitahunya bahwa kelahiran anaknya adalah mukjizat dari Allah SWT, dan bahwa anaknya akan menjadi salah satu nabi terbesar dalam sejarah.


Setelah melahirkan, Maryam membawa bayi Isa ke kampung halamannya. Namun, orang-orang di kampung tersebut menuduh Maryam melakukan perbuatan zina dan mencemoohnya. Namun, Isa mengeluarkan mukjizat dengan berbicara dan membuktikan bahwa dia adalah seorang nabi yang dikirim Allah SWT.

QS Maryam :29

فَأَشَارَتْ إِلَيْهِ ۖ قَالُوا كَيْفَ نُكَلِّمُ مَن كَانَ فِي الْمَهْدِ صَبِيًّا

maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: "Bagaimana kami akan berbicara dengan
anak kecil yang masih di dalam ayunan?"

QS Maryam :30

قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا
Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,

QS Maryam :31

وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا
dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;

QS Maryam :32

وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا
dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.


QS Maryam :33

وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدتُّ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا

Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali".

QS Maryam : 34

ذَٰلِكَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ ۚ قَوْلَ الْحَقِّ الَّذِي فِيهِ يَمْتَرُونَ
Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.

Dalam Islam, Isa Al-Masih dianggap sebagai nabi yang sangat istimewa. Dia dianggap sebagai salah satu dari lima nabi besar, bersama dengan Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa dan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Isa Al-Masih juga dianggap sebagai seorang rasul dalam Islam. Rasul adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-ajaranNya kepada Bani Israel.

Baca Juga :

Dalam ajaran Islam, Isa Al-Masih juga dianggap memiliki mukjizat yang sangat banyak. Dia mampu menyembuhkan orang sakit, menghidupkan orang mati, dan melakukan banyak mukjizat lainnya yang semuanya itu terjadi atas ijin Allah SWT.

Meskipun dianggap sebagai salah satu nabi besar dalam Islam, Isa Al-Masih tidak dianggap sebagai Tuhan atau anak Allah. Konsep Trinitas yang dipegang oleh agama Kristen juga tidak dipercayai dalam Islam.

Selain itu, dalam Islam, Isa Al-Masih juga dianggap tidak wafat di salib. Sebaliknya, Isa Al-Masih dikabarkan oleh Allah SWT telah diselamatkan dari kematian dan diangkat ke langit.

Namun, dalam Islam, kelahiran Isa Al-Masih dianggap sebagai awal dari misi besar yang diembannya. Isa Al-Masih dianggap sebagai salah satu nabi yang ditugaskan untuk memperbaiki akhlak manusia dan mengajarkan ajaran-ajaran yang baik.

Itulah penjelasan kelahiran Isa Al-Masih menurut Islam, semoga apa yang telah disampaikan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

×
Berita Terbaru Update